Hati Manusia

Hati Manusia - Tanpa ada seorang pun yang tahu bahwa hati manusia sangatlah sulit untuk ditebak kebenaran yang ada dikala interaksi oleh sesama ,namun semuanya akanbisa diketahuai bila mempunyai kedalaman nurani yang tinggi. Bila ada yang memuji akan kelebihan kita (tampilan fisik, kepandaian, ilmu, dll) maka kecenderungan hati kita akan senang, bahagia, bahkan bangga, tetapi bila ada yang menghina akan kekurangan kita (fisik, ilmu, kepandaian) maka kecenderungan hati kita akan sedih, marah, dendam..
 
Begitulah mudahnya hati kita berubah, dengan sedikit pengaruh dari luar hati manusia, hati mudah berubah, senang, sedih, marah, suka benci dll..
semua itulah memang normal, itulah sifat dasar manusia yang sangat mendominasi kaum hawa.

Begitu juga hati manusia terhadap kebaikan, pagi hari bisa beriman, sore hari bisa menjadi kafir yang tadinya kawan menjadi lawan, dan sebaliknya yang tadinya lawan akhirnya menjadi kawan yang tadinya benci menjadi suka, dan sebaliknya yang tadinya suka menjadi benci..




Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bersegeralah beramal sebelum datangnya rangkaian fitnah seperti sepenggalan malam yang gelap gulita, seorang laki-laki di waktu pagi mukmin dan di waktu sore telah kafir, dan di waktu sore beriman dan pagi menjadi kafir, ia menjual agamanya dengan kesenangan dunia." (HR. Ahmad No. 8493)

Dalam hadits riwayat Ahmad dan Ibnu Abu Syaibah, Aisya ra., berkata, “Nabi SAW sering berdoa dengan mengatakan, ‘Wahai Tuhan yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku untuk selalu taat kepada-Mu.’ Aku pernah bertanya, ‘Ya Rasulullah, kenapa Anda sering berdoa dengan emnggunakan doa seperti itu? Apakah Anda sedang marasa ketakutan?’ Beliau menjawab, ‘Tidak ada yang membuatku merasa aman, hai Aisyah. Hati seluruh hamba ini berada di antara dua jari Allah Yang Maha Memaksa. Jika mau membalikkan hati seorang hamba-Nya, Allah tinggal membalikkannya begitu saja.’”

Tiada yang tahu tentang isi hati manusia karena hanya Allah SWT yang menguasai semuanya tanpa halangan maupun tanpa indikasi apapun dan menpunyai kekuasaan untuk membolak balikkan Hati.

Robbana latuziqulubana ba'da idhhadaitaana wahablana milladunka rohma innaka antal wahab
(AL-IMRAN ayat 8)
Ya Allah janganlah Engkau sesatkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk kepada kami,berilah kepada kami rahmat sesungguhnya Engkau adalah maha pemberi(karunia).

Robbana gfirlana wali ihwaninalladzina sabaquna bil iman, wala tajal fi qulubina ghilla lilladhina amanu robbana annaka roufurrohim.
(Surat Al -Hasyar Ayat 10 )

Ya Allah,ampunilah dosa kami dan dosa orang – orang beriman yang telah mendahului kami dan janganlah Engkau jadikan ada perasaan dengki di dalam hati kami terhadap orang – orang yg beriman.Ya Allah sesungguhnya Engkau maha pengasih dan penyayang.

0 komentar:

Poskan Komentar

Ikan Kecil

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 ISI HATI SEDUNIA |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Kata Mutiara

“Sahabat yang beriman ibarat mentari yang menyinar. Sahabat yang setia bagai pewangi yang mengharumkan. Sahabat sejati menjadi pendorong impian. Sahabat berhati mulia membawa kita ke jalan Allah”