MEMAHAMI NILAI DAN NORMA DALAM KARIR II

MEMAHAMI NILAI DAN NORMA DALAM KARIR II

KEGIATAN 2

Sub Tugas Perkembangan                       :    Memantapkan nilai dan norma dalam tingkah laku                    yang dapat diterima di kehidupan sehari-hari

Bidang Bimbingan                                  :    Bimbingan karir

Rumusan Kompetensi                             :    Memahami hubungan antara nilai dan cara                                berperilaku dalam bekerja

Materi                                                     :    Hubungan antara nilai dan cara berperilaku dalam bekerja

Kelas / semester                                      :    VII / 2

Jenis layanan                                           :    Bimbingan Kelompok







HUBUNGAN ANTARA NILAI DAN CARA BERPERILAKU DALAM BEKERJA



                Salah satu tujuan dari bekerja adalah untuk memperoleh kepuasan, dan kepuasan itu bukan hanya diperoleh dari kesesuaian antara bakat dan minat saja, akan tetapi dibutuhkan kesesuaian antara harga diri dengan pekerjaan itu sendiri. Hal ini termasuk di dalamnya adalah kesesuaian antara nilai pribadi dan sosial dengan perilaku dalam bekerja. Apabila nilai pribadi maupun nilai sosial yang dimiliki itu juga baik dan juga ditunjang oleh cita-cita yang kuat, maka besar kemungkinan perilaku dalam suatu pekerjaan yang dimasukinya juga baik, karena dapat menimbulkan semangat bekerja.

                Di samping itu perlu juga menyeimbangkan keilmuan dalam suatu pekerjaan, karena dalam era teknologi yang canggih selalu menuntut adanya semangat juang dalam pekerjaan yang tinggi pula. Karena hal yang demikian dapat mengubah pandangan dan cita-cita gaya hidup maupun situasi dan kondisi di lingkungan pekerjaan.



                Dalam penyesuaian antara nilai pribadi dan sosial dengan perilaku dalam pekerjaan ada hal-hal yang harus diperhatiakn, antara lain :

1.       Menentukan pilihan terhadap jenis pekerjaan yang dimasukinya

2.       Mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan

3.       Bakat dan sifat yang harus dikembangkan dalam pekerjaan

4.       Syarat-syarat yang diperlukan oleh suatu pekerjaan

TUGAS

1.       Apa yang menjadi tujuan seseorang dalam bekerja ?

2.       Bagaimana seseorang dapat memperoleh kepuasan dalam menjalankan pekerjaannya ?

3.       Apa yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat keputusan dalam menentukan suatu pekerjaan nantinya ?

4.       Apa saja jenis pekerjaan yang dapat dimasuki oleh seseorang yang hanya memiliki ijazah SMK ?

5.       Seandainya kamu diterima dalam suatu pekerjaan yang gajinya cukup menyenangkan namun kamu tidak dapat memenuhi kedisiplinannya dengan baik, apa yang akan kamu lakukan ?

6.       Bagaimana cara berinteraksi terhadap teman kerja maupun atasan atau kepala dalam rangka meningkatkan kualitas pekerjaan ?

7.       Sebutkan apa saja pekerjaan yang mengandalkan kemampuan berfikir ?

8.       Apa yang harus dilakukan jika keterampilan yang dimiliki tersebut tidak sesuai dengan lapangan pekerjaan yang tersedia ?

9.       Berdasarkan apa yang kamu ketahui, apa saja syarat yang dibutuhkan oleh suatu lapangan kerja untuk menerima karyawannya ?



Tgl. Pengerjaan
   

Ttd. Guru
   

Catatan guru
   

Ttd. Wali murid




0 komentar:

Posting Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 ISI HATI SEDUNIA |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Kata Mutiara

“Sahabat yang beriman ibarat mentari yang menyinar. Sahabat yang setia bagai pewangi yang mengharumkan. Sahabat sejati menjadi pendorong impian. Sahabat berhati mulia membawa kita ke jalan Allah”