MEMAHAMI NILAI DAN NORMA DALAM KARIR

MEMAHAMI NILAI DAN NORMA DALAM KARIR

KEGIATAN 1
Sub Tugas Perkembangan                       :    Memantapkan nilai dan norma dalam tingkah laku                    yang dapat diterima di kehidupan sehari-hari
Bidang Bimbingan                                  :    Bimbingan Pribadi
Rumusan Kompetensi                             :    Memahami nilai dan cara berperilaku dalam                              kehidupan sehari-hari dengan masyarakat luas
Materi                                                     :    Nilai-nilai dan cara berperilaku pribadi dalam                            kehidupan
Kelas / semester                                      :    VII / 2
Jenis layanan                                           :    Bimbingan Kelompok


NILAI-NILAI DAN CARA BERPERILAKU PRIBADI DALAM KEHIDUPAN

                Hidup kita tidak akan ada artinya tanpa didasari oleh nilai. Nilai itu sendiri punya pengertian : kumpulan sikap dan perasaan yang selalu diperlihatkan melalui perilaku seseorang. Nilai pribadi seseorang dapat dilihat perilaku kesehariannya. Perilaku seseorang yang baik, mencerminkan pribadi yang berbudi pekerti luhur (berakhlak mulia) dan jika perilakunya jelek akan mencerminkan pribadi yang tidak memiliki budi pekerti.
                Nilai sosial adalah nilai yang dianut oleh suatu masyarakat, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk oleh masyarakat. Sebagai contoh, orang menanggap menolong memiliki nilai baik, sedangkan mencuri bernilai buruk. Woods mendefinisikan nilai sosial sebagai petunjuk umum yang telah berlangsung lama, yang mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.
Q       Ciri-ciri nilai sosial di antaranya sebagai berikut:
  1. Merupakan konstruksi masyarakat sebagai hasil interaksi antarwarga masyarakat
  2. Disebarkan diantara warga masyarakat (bukan bawaan lahir).
  3. Terbentuk melalui sosialisasi (proses belajar)
  4. Merupakan bagian dari usaha pemenuhan kebutuhan dan kepuasan sosial manusia.
  5. Bervariasi antara kebudayaan yang satu dengan kebudayaan yang lain.
  6. Dapat mempengaruhi pengembangan diri sosial
  7. Memiliki pengaruh yang berbeda antarwarga masyarakat.
Cenderung berkaitan satu sama lain.
Q       Contoh perilaku berbudi luhur :
·         Bijaksana
·         Bertanggung jawab
·         Dapat dipercaya
·         Disiplin
·         Hemat
·         Ikhlas
·         Rendah hati
·         Pemaaf
·         Rela berkorban
Nilai perilaku mempunyai fungsi sebagai :
1.       Faktor pendorong
Nilai-nilai memiliki daya perangsang yang kuat terhadap setiap manusia untuk melakukan sesuatu yang memiliki nilai, baik nilai kebenaran, nilai keindahan moral, maupun nilai religius.
2.       Sebagai petunjuk arah
Seperangkat nilai berfungsi sebagai norma dan criteria yang menunjukkan arah bagi seseorang dalam berfikir, bertindak atau berperilaku yang diinginkan oleh masyarakat.
3.       Sebagai benteng perlindungan  
Dengan adanya nilai seseorang menjadikan tempat perlindungan bagi perilaku atau perbuatan yang diinginkan oleh masyarakat.

TUGAS
1.       Apa yang kamu ketahui tentang nilai-nilai sosial ? jelaskan !
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.       Jika dibentuk belajar kelompok, apakah kamu merasa senang ? apa alasannya ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.       Apa saja yang dapat kamu rasakan terhadap kelemahan maupun kelebihan dari belajar kelompok ?
4.       Bagaimana sikap kamu saat melaksanakan kegiatan belajar bersama dan tiba-tiba suara radio atau televisi dari rumah sebelah sangat keras dan kamu tidak dapat berkonsentrasi belajar karena suara tersebut ?
5.       Apa saja yang termasuk ke dalam pengaruh positif dari nilai pribadi dan sosial dalam kegiatan belajar yang kamu lakukan ?
6.       Apa pula yang masuk dalam pengaruh negatif dari nilai pribadi maupun sosial dalam kegiatan belajar yang kamu lakukan ?
7.       Menurut kamu, apa yang menjadi cita-cita bila seorang siswa sudah memiliki perasaan tanggung jawab dalam belajarnya ?

Tgl. pengerjaan
Ttd. Guru
Catatan guru
Ttd. Wali








0 komentar:

Posting Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 ISI HATI SEDUNIA |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Kata Mutiara

“Sahabat yang beriman ibarat mentari yang menyinar. Sahabat yang setia bagai pewangi yang mengharumkan. Sahabat sejati menjadi pendorong impian. Sahabat berhati mulia membawa kita ke jalan Allah”